Siapa saja yang terlibat dalam kasus Sambo-Brigadir J

terdakwa sambo cs

(Foto asli klik di sini)

Banyak nama yang akhirnya terlibat atau tersangkut dalam peristiwa pembunuhan Brigadir J, mulai dari Irjenpol Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (istri Ferdy Sambo), Bharada E (pelaku penembakan), Bripka RR (ajudan Ferdy Sambo), Kuat Makruf (sopir), Susi (pembantu), dan lain-lain. Bahkan sejumlah anggota kepolisian turut tersangkut karena “merintangi penyidikan”.

Berikut ini nama-nama yang muncul di dalam persidangan, siapa mereka dan apa perannya di dalam kasus ini yang berhasil kami kompilasi dari berbagai sumber di Internet.

Irjen Pol Ferdy Sambo

Ketika peristiwa ini terjadi, Sambo atau lengkapnya Irjen Pol Ferdy Sambo adalah kepala divisi Propam Polri, jenderal polisi berbintang dua. Propam singkatan dari “Profesi dan Pengamanan”, atau disebut juga “polisinya polisi”, yang bertugas mengawasi dan membina polisi, atau dulu dikenal sebagai Provos Polri.

Dalam kasus pembunuhan terhadap Brigadir J, Ferdy Sambo didakwa sebagai perencana atau yang menyuruh melakukan pembunuhan, sementara eksekutor atau yang melakukan penembakan adalah Bharada E. Baik Brigadir J maupun Bharada E adalah ajudan. Motif pembunuhan yang disampaikan adalah Ferdy Sambo marah karena Brigadir J melecehkan istri Ferdy Sambo (bernama Putri Candrawathi). Penembakan terhadap Brigadir J dilakukan di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo (kompleks rumah dinas Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan), disaksikan oleh Bripka RR (ajudan Ferdy Sambo) dan Kuat Makruf (pembantu atau sopir keluarga Ferdy Sambo).

Ferdy Sambo lahir di Barru (Sulawesi Selatan), 9 Februari 1973 (anak dari Mayjen Pol Pieter Sambo yang pernah menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara tahun 1986). Agama: Kristen, suku: Bugis. Pendidikan Akpol (1994), PTIK (2003). Berpengalaman di bidang reserse, pernah menjadi Kapolres Brebes (2014) dan menjabat sebagai Dirtipidum Bareskrim (2019). Menangani kasus bom sarinah dan kasus kopi sianida.

BACA JUGA: Jenjang kepangkatan dalam Polri untuk mengetahui jauhnya jenjang pangkat antara Ferdy Sambo, Brigadir J, dan Bharada E.

Brigadir J

Brigadir J, yang menjadi korban penembakan, adalah ajudan Irjen Ferdy Sambo (yang ditugaskan mengawal istri Ferdy Sambo), bernama lengkap Brigadir Novriansyah Yosua Hutabarat, lahir di Jambi, 29 November 1994, sekolah di SPN (Sekolah Polisi Negara) Jambi, lulus tahun 2012. Pernah bertugas di Papua, lalu menjadi Provost dan diangkat menjadi ajudan Ferdy Sambo. Agama: Kristen Protestan.

Bharada E

Baharada E, yang melakukan penembakan terhadap Brigadir J, adalah ajudan Ferdy Sambo, bernama lengkap Bharada (Bhayangkara Dua) Richard Eliezer Pudihang Lumiu, lahir di Manado (Sulawesi Utara), 14 Mei 1998. Menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Brimob, Watukosek (Jawa Timur), lulus tahun 2019. Pertama bergabung ke Brimob Nusantara (Papua), lalu menjadi anggota Satgas Tinombala di Poso (Sulawesi Tengah). Ketika bertugas di Mako Brimob Kelapa Dua (Depok), pernah dua kali menjadi anggota tim Bawah Kendali Operasi (BKO). Bharada E juga dikenal sebagai penembak nomor satu di resimen satu pasukan pelopor di jajaran Korps Brimob. Agama: Kristen.

Putri Candrawathi

Putri Candrawathi, istri Irjen Ferdy Sambo, adalah seorang dokter gigi (drg), anak dari seorang Jendral TNI berpangkat Brigjen (bintang 1, sudah pensiun dan menetap di Jakarta). Berkenalan dengan Ferdy Sambo sejak sama-sama bersekolah di SMP Negeri 6 Makassar (satu angkatan), lulus 1988. Agama: Kristen, suku: Bali.

Putri Candrawathi, atau sering disebut Ibu PC, mempunyai 4 orang anak. Anak ke-4, ketika peristiwa terjadi, masih berumur 1,5 tahun, diinformasikan sebagai anak angkat.

Bripka RR

Bripka RR atau bernama lengkap Bripka (Brigadir Kepala) Rizky Rizal Wibowo, adalah salah seorang ajudan Ferdy Sambo. Bripka RR lahir di Banyumas, Jawa Tengah, tahun 1987. Bripka RR merupakan putra pertama dari seorang polisi yang pernah menjadi Kapolsek. Bripka RR menjadi anak buah Ferdy Sambo ketika FS menjadi Kapolres Brebes, lalu ditarik ke Div. Propam (thn 2021) ketika Sambo menjabat Kadiv. Propam.

Bripka RR mempunyai istri dan 3 orang anak (anak ke-2 dan ke-3 kembar). Keluarganya tinggal di sebuah perumahan di Kota Tegal, Jawa Tengah. Agama: Islam.

Kuat Ma’ruf

Kuat Ma’ruf (KM) adalah ART sekaligus sopir keluarga Ferdy Sambo sejak tahun 2015. Pria ini masih misterius. Data profilnya di berbagai media online masih minim, dan hanya perannya yang ‘menghasut’ FS saja yang banyak dibicarakan. Informasinya, KM mempunyai hubungan spesial dengan PC (istri FS) dan kepergok oleh Brigadir J. Untuk menutupi perbuatan itu baik PC maupun KM lalu ‘melapor’ kepada FS bahwa Brigadir J melakukan pelecehan terhadap PC sehingga sang jenderal tersebut marah dan melakukan pembunuhan terhadap Brigadir J.

Admin GWI

GAPURA.WEB.ID memuat kompilasi berita dan informasi yang sedang tren atau fenomenal sehingga anda bisa mengetahui rangkumannya secara ringkas dan padat, tanpa perlu menjelajahi semua link dari mesin pencari. Link terkait juga kami pilihkan yang berkualitas, sehingga anda bisa MULAI BROWSING DARI SINI!-

Learn More →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *